Jumat, 02 Maret 2012

POWER SUPPLY


Pengertian Power Supply

Power supply adalah sebuah perangkat yang ada didalam CPU yang berfungsi untukmenyalurkan arus listrik keberbagai peralatan computer seperti menyalurkan printer, monitor, mouse, modem, dsb. Power supply juga digunakan untuk melindungi data-data dikomputer apabila terjadi gangguan dari PLN yang terkadang mati listrik mendadak.

Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :
• Motherboard
• Harddisk
• Floppy Disk Drive
• CD – ROM

Power supply yang berkualitas kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen computer, misalnya Harddisk.

Jenis-Jenis UPS Berdasarkan Cara Kerjanya

* Line Interactive UPS

Pada UPS jenis ini diberi tambahan alat AVR (automatic voltage regulator) yang berfungsi mengatur tegangan dari suplai daya ke peralatan.

* On-Line UPS

Pada UPS jenis ini terdapat 1 rectifier dan 1 inverter yang terpisah. Hal ini lebih mahal apabila dibandingkan dengan dua jenis UPS lainnya. Dalam keadaan gangguan, suplai daya ke rectifier akan diblok sehingga akan ada arus DC dari batere ke inverter yang kemudian diubah menjadi AC.

* Off-Line UPS

UPS jenis ini merupakan UPS paling murah diantara jenis UPS yang lain. Karena rectifier dan inverter berada dalam satu unit. Dalam keadaan gangguan, switch akan berpindah sehingga suplai daya dari suplai utama terblok. Akibatnya akan mengalir arus DC dari batere menuju inverter.

Komponen Utama UPS

* Baterei

Jenis baterei yang digunakan adalah jenis lead-acid (tegangan nominal 2,0 V per sel) dan jenis nikel-cadmium (tegangan nominal 1,2 V per sel). Baterei ini mampu menjadi sumber tegangan cadangan selama 15-30 menit.

* Rectifier (penyearah)

Berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC dari suplai daya untuk mengisi baterei.

* Inverter

Berfungsi untuk mengubah arus DC dari bateri menjadi arus AC ke peralatan yang dilindungi oleh UPS.

Fungsi Power Supply

Power supply memiliki fungsi utama yaitu,mengubah listrik arus bolak-balik (AC) yang tersedia dari aliran listrik menjadi arus listrik searah (DC) yang dibutuhkan komponen pada PC.

Selain itu, power supply diharapkan dapat melakukan berbagai fungsi-fungsi lain yaitu:

* Rectification: untuk konversi input listrik AC menjadi DC
* Voltage Transformation: untuk memberikan keluaran tegangan DC yang sesuai dengan yangdibutuhkan.
* Filtering : untuk menghasilkan arus listrik DC yang lebih “bersih” dan bebas dari noise listrik yang lain.
* Regulation : untuk mengendalikan tegangan keluaran agar tetap terjaga. Tergantung pada tingkatan yang diinginkan,beban daya dan perubahan kenaikan temperature kerja.
* Isolation : untuk memisahkan secara elektrik output yang dihasilkan dari sumber input.
* Protection : Untuk mencegah lonjakan tegangan listrik (jika terjadi).

Power supply yang ideal adalah power supply yang dapat menghasilkan output yang bersih,dengan tegangan output yang konstan terjaga dengan tingkat toleransi dari tegangan input, beban daya, juga suhu kerja dengan tingkat konversi efisiensi 100%.

Atribut Power Supply Unit

Power supply memiliki 2 atribut yaitu :

* Daya Maksimal PSU

Setiap power supply memiliki kapasitas daya yang digunakannya. Dan jumlah ini sudah tertera pada setiap power supply.

Biasanya satu unit computer cukup menggunakan 500 watt saja. Jumlah itu sudah cukup dipakai untukkeperluan pribadi.

* Waktu Maksimal PSU

Power supply unit tidak dijadikan sebagai pengganti sumber listrik utama yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama atau bahkan selamanya.

Biasanya 15-30 menit saja sudah cukup.Waktu maksimal yang diberikan biasanya tergantung baterainya.

Cara Kerja Power Supply Unit

Power supply unit bekerja berdasarkan kepekaan tegangan. Apabila power supply menemukan penyimpangan jalur voltase (linevoltage),misalnya terjadinya penyimpangan yang disebabkan oleh pemakaian dengan alat pembangkit tenaga listrik yang murah. Jika gagal,power supply akan berpindah ke operasi on-baterry (baterai hidup). Hal ini untuk melindungi bebannya yang terjadi karena adanya reaksi penyimpangan.

Power supply juga akan sering berubah ke operasi on-baterry jika kualitas listrik kurang. Namun hal tersebut dapat dihindari apabila dalam keadaan tersebut beban bias berfungsi dengan baik sehingga kapasitas dan umur baterai dapat bertahan lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar